Dongeng Cerita Rakyat

Kamis, 03 Desember 2009


Dulu ketika ane masih kecil sekitar tahun 1980 an, dongeng merupakan obat yang mujarab buat pengantar tidur, maklum yang punya televisi cuman segelintir orang aja karena masih merupakan barang tersier. Mungkin kalo sekarang semua itu hampir musnah karena adanya media televisi yang harganya makin terjangkau, sambil nonton televisi kita bisa terlelap tidur sampe televisinya belum dimatikan hehehehe... betul nggak?!?^^

Acara-acara di televisi yang lebih banyak menghadirkan tontonan sinetron, hidup yang hedonis saya pikir telah melunturkan cerita-cerita rakyat yang lebih mempunyai nilai sejarah dan moral. Sekarang ini anak-anak kecil lebih mengenal sinchan atau naruto daripada cerita sangkuriang atau malin kundang.

Dongeng dewasa ini merupakan hal yang aneh, tradisional atau kuno. Sekarang ini anak-anak lebih suka di dongeng i oleh acara-acara televisi dibandingkan dengan di dongeng i ayah atau ibu mereka. Jadi kalau disimpulkan sebenarnya yang mendidik anak itu orang tua apa televisi???hayo di jawab sendiri yah...

Keterbatasan waktu atau pengetahuan yang terbatas mengenai materi dongeng itu sendiri membuat orang tua enggan untuk mendongeng i putra-putri mereka dengan cerita-cerita rakyat. Oleh sebab itu di sini saya sediakan e-books yang berisi dongeng-dongeng mengenai cerita rakyat Indonesia. Di samping untuk mengenalkan cerita-cerita rakyat kepada putra dan putri kita, mendongeng juga dapat mendekatkan dan mengajarkan nilai-nilai moral, etika serta mengambil hikmah dari apa yang telah kita ceritakan. Sehingga hubungan antara orang tua dengan anak tidak hanya terbatas kepada hubungan biologis saja tetapi kasih sayang antara orang tua dengan putra-putrinya lebih terjalin. Download gratis di bawah ini

.:Download Cerita Rakyat:.
Ditulis oleh paijo_jr

7 komentar:

alkatro mengatakan...

bener juga.. terkadang kasih sayang hanya diwujudkan sebatas pemenuhan segi materi saja.. keep posting sobat :)

denadnan mengatakan...

di dongeng kadang terselip sebuah pesan mendalam tentang hakekat kehidupan, nasehat maupun wejangan-wejangan dari orang tua kita. nice post bro.

paijo_jr mengatakan...

hiks jadi pengen kayak dulu aje

Bayu Lebond mengatakan...

jaman dah berubah boz...
dulu jaman kuda gigit besi
sekarang jaman kuda gigit roti

Andi Wong mengatakan...

dulu gw hobi baca2 buku dongeng sob.. sgt menarik & mendidik.. ;-)

Inspirasi Pemuda mengatakan...

perubahan jaman yang seperti ini sebenernya baik ndak yah? kok kalo saya probadi kurang sejutu... :)

paijo_jr mengatakan...

perubahan jaman emang kagak bisa kita bendung sob, tapi seharusnya perubahan-perubahan semacam itu kagak menghapus ato menyingkirkan budaya-budaya asli kita

Posting Komentar

 
 
Copyright © Kolektor E-books